Selasa, 22 Agustus 2017

Apa Kabar Rencana Tol Cilacap-Yogyakarta yang Diminati Malaysia?


Pemerintah akan membangun ruas jalan bebas hambatan atau tol baru di sisi selatan pulau Jawa, yakni ruas Cilacap-Yogyakarta. Ruas tol ini diusulkan pembangunannya oleh PT Jasa Marga Tbk dan BUMN asal Malaysia, UEM Group Berhard.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, proyek tol yang kini masih dalam kajian Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) tersebut masih belum menemui titik temu kesepakatan terhadap pemrakarsa proyek ini. Alasan imbal hasil yang rendah membuat BUMN asal Malaysia tersebut terbentur dengan aturan bisnisnya.

"UEM kita kasih (tol) Cilacap-Yogya masih maju mundur. Dia pengen IRR (internal rate of return) di atas 13%. Mereka punya SOP, kalau proyek di luar negeri, IRR nya harus lebih besar dari 13%, padahal yang di sini 11-12%," katanya saat ditemui di sela acara Forum Nasional Daya Saing Infrastruktur di Hotel Shangri-La.

Namun demikian, ia mengaku akan terus mendorong partisipasi swasta untuk membangun berbagai jaringan tol yang disiapkan. Meski proses negosiasi dengan UEM sendiri masih terus berjalan, namun bisa saja proyek ini nantinya akan dikerjakan oleh Jasa Marga sendiri.

"Kemarin kita bilang, kalau kamu mundur, ya mundur. Biar diteruskan sama partner lokal lain. Jasa Marga bisa sendiri," ungkapnya.

Basuki mengakui masih sulit meyakinkan swasta untuk mau berinvestasi di ruas-ruas tol yang terbilang masih sepi lalu lintasnya. Menurutnya, dengan kondisi yang ada di Indonesia saat ini, butuh badan usaha yang betul-betul siap agar proyek yang telah dimenangkan bisa diselesaikan dengan baik.

"Jadi swasta itu ternyata yang masih bertahan itu yang tersaring betul, kayak Astratel, swasta-swasta yang memang kredibel betul, tangguh," tukas Basuki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengantin Baru, Ini Persiapan Keuangan yang Harus Dilakukan Setelah Menikah

Banyak orang mengatakan bahwa perjalanan hidup seseorang benar-benar baru dimulai setelah menikah . Jika dahulu segala prioritas bisa dip...