Jumat, 18 Agustus 2017

Ini Rekomendasi Kopi Terbaik Indonesia yang Harus Anda Coba


Indonesa memiliki banyak kopi yang sudah diakui kenikmatannya di dunia. Sebut saja aceh gayo, mandailing, sidikalang, toraja, bajawa flores dan masih banyak lagi, lebih dari 15 daerah penghasil kopi unggulan Indonesia.

"Memilih kopi itu sesuai selera, hanya yang diperhatikan biasanya bodykopi (kekentalan), flavor (rasa), dan keasaman," ungkap Viki Rahardja 

Berikut rekomendasi kopi arabika beserta karakter dan daerahnya:

Jika kopi arabika biasanya ditanam dalam ketinggian di atas 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl), kopi ini ditanam di sekitaran tebing dengan minimum ketinggian 2.000 mdpl.
Proses panen dan lokasinya yang sulit dijangkau tersebut membuatnya semakin enak. Tentunya harga jualnya juga akan semakin mahal.

Kopi asal Tana Toraja ini juga sangat tersohor kenikmatannya. Rasa identik dari kopi ini ialah kecokelatan, tembakau, atau caramel.
Dari segi keasaman dan body menurutnya medium, cocok bagi semua kalangan yang tidak suka terlalu asam atau terlalu pahit.

Meski kopi arabika yang satu ini ditanam di dataran yang tidak terlalu tinggi, tetapi proses pasca panennya yang rapih dan terstruktur membuat hasilnya menjadi salah satu yang terbaik.
"Kalau lihat petani di kebunnya pasca panen, itu sangat rapi terstruktur prosesnya jadi taste-nya lebih bagus dan beragam

Sesuai karakter dari kopi daerah Sumatera yang strong (kuat pahitnya), jenis aceh gayo ini cukup mewakili kopi arabika Sumatera yang nikmat. Dilihat dari body sendiri, kopi khas Aceh ini kental, atau disebut full body.
"Lebih kopi banget rasanya, strong, tapi juga ada asamnya," ujarnya.

Keunikan jenis kopi flores ialah karena rasa yang bisa dihasilkan sagat beragam mulai cokelat, spicy, tembakau, strong, citrus, bunga, hingga kayu. Dengan tekstur kental, kopi ini cenderung memiliki tingkat keasaman yang tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengantin Baru, Ini Persiapan Keuangan yang Harus Dilakukan Setelah Menikah

Banyak orang mengatakan bahwa perjalanan hidup seseorang benar-benar baru dimulai setelah menikah . Jika dahulu segala prioritas bisa dip...